Oleh :
Abul-Jauzaa’ Al-Bogory
Artikel ini sebenarnya telah saya tulis sekitar dua tahun
yang lalu, terutama ketika Aa' Gym mendapat cemoohan akibat
"kesalahannya" (?) berpoligami. Tidak ada salahnya jika kemudian
ditampilkan kembali melalui Blog ini. Tentu saja dengan beberapa perbaikan
(karena di artikel lama ada beberapa kesalahan yang mesti untuk dikoreksi).
Semoga dapat menambah pengetahuan kita tentang bahasan hukum poligami menurut
syari'at Islam yang dengan itu dapat membuahkan amal shalih bagi kita semua.
Isu poligami atau ta’adud belakangan semakin santer
seiring dengan rencana perubahan perangkat peraturan perundang-undangan tentang
perkawinan. Hal itu ditambah lagi dengan perkawinan kedua seorang dai kondang
tanah air yang semakin memicu arus pro dan kontra di tengah masyarakat,
khususnya kaum perempuan. Tentu bukan hal yang aneh jika kemudian umat Islam
dan syari’at Islam menjadi target pembahasan. Bagaimana sebenarnya kedudukan
poligami ini di mata masyarakat dan juga syari’at Islam ?
Wawancara-wawancara dilakukan oleh berbagai kalangan.
Mulai orang ‘alim sampai orang jahil. Tapi naas, berbagai pendapat dan
pandangan tersebut lebih banyak diklarifikasi oleh orang yang jahil daripada
yang ‘alimnya. Maka, pendapat artis, selebritis, dan kalangan muslim yang jauh
dari pemahaman dan pengamalan syari’at Islam menjadi ikon penentuan sikap dalam
poligami.
Sudah bisa ditebak bahwasannya ujung yang didapat adalah
sikap ketidaksetujuan dan penolakan terhadap poligami. Dan diantara yang tidak
setuju diantara mereka, ada kalangan “abu-abu” yang menyikapi poligami antara
setuju dan tidak setuju. Poligami boleh, asal dengan alasan yang super ketat
(namun mengada-ada dalam timbangan syari’at) seperti : boleh dilakukan asal si
istri mandul, si istri tidak bisa melayani kebutuhan biologis suami, harus
seijin istri yang pertama, “adil” dalam segala hal (cinta, kasih sayang, mobil
harus sama, rumah harus sama, dan lain-lain), dan seterusnya.
Selalu opini tentang poligami digiring ke arah hipotesis
bahwa laju poligami berbanding lurus dengan laju perceraian, kekerasan dalam
rumah tangga, penelantaran anak, dan hal-hal negatif lainnya. Tidak pernah
rasanya kita dengar (walau kita sering melihat dan mendengar) ada orang yang
memberikan contoh sebuah profil rumah tangga poligami yang sehat, syar’i, lagi
Islami. Penulis mempunyai contoh tentang hal itu. Ada seorang teman yang
tinggal di sebuah kota di Jawa Tengah yang mempunyai dua istri. Kedua istrinya
sangat rukun. Bahkan ketika si istri kedua diajak suami pergi ke Saudi untuk
mencari nafkah, anak istri kedua yang ditinggal di tanah air diasuh oleh istri
pertama dengan penuh kasih sayang layaknya anak kandungnya sendiri, sampai
suami istri tersebut kembali dua tahun kemudian. Kehidupan mereka sangat
Islami.
Anak-anak mereka didik dan di sekolahkan di
sekolah-sekolah Islam. Si suami juga merupakan profil seorang suami yang
bertanggung jawab. Siang hari ia bekerja keras sebagai tukang pijit dan
akupresur disamping usaha sampingan lainnya. Uang hasil kerjanya alhamdulillah
cukup sebagai nafkah kedua istri dan anak-anaknya.
Kiranya sedikit contoh singkat di atas menjadi
perbandingan dari sebuah keluarga poligami yang syar’i (sejauh pengetahuan
Penulis terhadap teman tersebut tentunya). Penulis yakin bahwa contoh-contoh
seperti ini masih banyak. Kenyataan inilah yang tidak mau ditengok oleh kaum
yang tidak setuju dengan syari’at poligami.
Paragraf di atas merupakan muqaddimah ringkas mengenai
realita poligami yang ada di masyarakat kita. Di bawah ini akan sedikit Penulis
uraikan tentang syari’at poligami dan hal-hal yang terkait dengan itu. Semoga
bermanfaat.
POLIGAMI DALAM AYAT AL-QUR’AN
Pertama
وَإِنْ خِفْتُمْ
أَلاّ تُقْسِطُواْ فِي الْيَتَامَىَ فَانكِحُواْ مَا طَابَ لَكُمْ مّنَ النّسَآءِ
مَثْنَىَ وَثُلاَثَ وَرُبَاعَ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلاّ تَعْدِلُواْ فَوَاحِدَةً أَوْ
مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ذَلِكَ أَدْنَىَ أَلاّ تَعُولُواْ
”Dan jika kamu takut tidak akan berlaku adil terhadap
(hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah
wanita-wanita lain yang kamu senangi dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu
takut tidak dapat berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja atau budak-budak
yang kamu miliki. Yang demikian itu lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya” [QS. An-Nisaa’ : 3].
Ayat di atas bermakna bahwa apabila kamu khawatir tidak
dapat berlaku adil terhadap perempuan yatim jika kamu mengawininya, maka
kawinilah manita merdeka satu sampai dengan empat, atau budak-budak perempuan
yang kamu miliki.
Sebagaimana diceritakan oleh ‘Aisyah radliyallaahu
‘anhaa[1] bahwa dulu, biasanya kalau
ada seorang laki-laki memelihara seorang anak yatim perempuan, jika cantik maka
diapun mengawininya tanpa berbuat ‘adil dalam urusan maharnya. Sedangkan bila
jelek maka dia tidak mau mengawininya dan menghalangi orang lain yang akan
mengawininya agar tidak ada yang ikut menikmati harta anak yatim tersebut
bersamanya. Maka merekapun dilarang menikahi perempuan yatim, kecuali kalau
mampu berbuat ‘adil terhadap mereka dan memberikan mahar yang sempurna. Serta mereka diperintahkan
untuk mengawini selain itu dari wanita merdeka yang mereka sukai.
Di samping seorang laki-laki dianjurkan untuk menikahi seorang
anak perempuan yatim yang memiliki harta sedikit dan tidak cantik, maka tidak
dihalalkan baginya untuk menikahi seorang anak perempuan yatim yang mempunyai
banyak harta dan cantik kecuali jika ia mampu berbuat adil kepadanya.[2]
Bila mampu berbuat ‘adil, maka diperbolehkan menikahi
perempuan yatim, atau yang bukan yatim dari kalangan perempuan merdeka; satu,
dua, tiga, atau empat orang.
Makna di atas dikuatkan oleh firman Allah :
وَيَسْتَفْتُونَكَ
فِي النّسَآءِ قُلِ اللّهُ يُفْتِيكُمْ فِيهِنّ وَمَا يُتْلَىَ عَلَيْكُمْ فِي
الْكِتَابِ فِي يَتَامَى النّسَآءِ الّلاتِي لاَ تُؤْتُونَهُنّ مَا كُتِبَ لَهُنّ
وَتَرْغَبُونَ أَن تَنكِحُوهُنّ
“Dan mereka meminta fatwa kepadamu tentang para wanita.
Katakanlah : “Allah memberi fatwa kepadamu tentang mereka, dan apa yang
dibacakan kepadamu dalam Al-Qur’an (yang memfatwakan) tentang para wanita yatim
yang kamu tidak memberikan kepada mereka apa yang ditetapkan untuk mereka,
sedang kamu ingin mengawini mereka” (QS. An-Nisaa’ : 127).
‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa berkata : Yang dimaksud
dengan : { وَمَا يُتْلَىَ
عَلَيْكُمْ فِي الْكِتَابِ} adalah
firman Allah :
وَإِنْ خِفْتُمْ
أَلاّ تُقْسِطُواْ فِي الْيَتَامَىَ فَانكِحُواْ مَا طَابَ لَكُمْ مّنَ النّسَآءِ
مَثْنَىَ وَثُلاَثَ وَرُبَاعَ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلاّ تَعْدِلُواْ فَوَاحِدَةً أَوْ
مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ذَلِكَ أَدْنَىَ أَلاّ تَعُولُواْ
”Dan
jika kamu takut tidak akan berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim
(bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah wanita-wanita lain yang kamu
senangi dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu takut tidak dapat berlaku
adil, maka (nikahilah) seorang saja atau budak-budak yang kamu miliki. Yang
demikian itu lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya” (QS. An-Nisaa’ : 3). [HR.
Muslim no. 3018].
Berkata Al-Qurthubi dalam Tafsirnya :
واتفق كل من يعاني
العلوم على أن قوله تعالى: "وإن خفتم ألا تقسطوا في اليتامى" ليس له
مفهوم؛ إذ قد أجمع المسلمون على أن من لم يخف القسط في اليتامى له أن ينكح أكثر من
واحدة: اثنتين أو ثلاثا أو أربعا كمن خاف. فدل على أن الآية نزلت جوابا لمن خاف
ذلك، وأن حكمها أعم من ذلك
”Setiap orang yang memiliki perhatian khusus terhadap
ilmu-ilmu agama telah sepakat bahwasannya firman Allah ta’ala : Dan jika
kamu takut tidak akan berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim” tidak memiliki mafhum (makna
yang tersirat). Sebab, semua umat telah sepakat bahwa orang yang tidak khawatir
terhadap kemampuannya dalam bersikap adil terhadap anak-anak perempuan yatim
juga diperbolehkan untuk menikahi wanita-wanita lain lebih dari satu, atau menikahi
dua, tiga, atau empat; seperti yang diperbolehkan kepada orang yang khawatir terhadap
kemampuannya dalam bersikap adil. Ini menunjukkan bahwa ayat tersebut turun
sebagai jawaban bagi orang yang khawatir itu, dan bahwa hukum menikahi anak
perempuan yatim itu lebih umum”.[3]
Walau ayat tersebut secara khusus berbicara tentang
perempuan yatim, namun secara hukum hal itu berlaku untuk seluruh perempuan
(baik yatim dan tidak yatim). Pelajaran itu diambil dari keumuman lafadh, bukan
dari kekhususan sebab. Sehingga,… jelas bagi kita bahwa Al-Qur’an
memperbolehkan untuk poligami dengan syarat keadilan.
Kedua
Allah berfirman :
حُرّمَتْ
عَلَيْكُمْ أُمّهَاتُكُمْ وَبَنَاتُكُمْ وَأَخَوَاتُكُمْ وَعَمّاتُكُمْ
وَخَالاَتُكُمْ وَبَنَاتُ الأخِ وَبَنَاتُ الاُخْتِ وَأُمّهَاتُكُمُ اللاّتِي
أَرْضَعْنَكُمْ وَأَخَوَاتُكُم مّنَ الرّضَاعَةِ وَأُمّهَاتُ نِسَآئِكُمْ
وَرَبَائِبُكُمُ اللاّتِي فِي حُجُورِكُمْ مّن نّسَآئِكُمُ اللاّتِي دَخَلْتُمْ
بِهِنّ فَإِن لّمْ تَكُونُواْ دَخَلْتُمْ بِهِنّ فَلاَ جُنَاحَ عَلَيْكُمْ
وَحَلاَئِلُ أَبْنَائِكُمُ الّذِينَ مِنْ أَصْلاَبِكُمْ وَأَن
تَجْمَعُواْ بَيْنَ الاخْتَيْنِ إَلاّ مَا قَدْ سَلَفَ
”Diharamkan
kamu (mengawini) ibu-ibumu………sampai dengan ayat………dan menghimpun
(dalam perkawinan) dua perempuan bersaudara,
kecuali yang telah terjadi di masa lampau” [QS. An-Nisaa’ : 23].
Allah telah mengharamkan untuk menghimpun (mempoligami)
dua wanita bersaudara. Mafhum mukhalafah-nya,
Allah menghalalkan mempoligami selain dua wanita bersaudara.
POLIGAMI DALAM HADITS RASULULLAH
عَنْ أَنَسٍ قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللهِ صلَّى
اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ تِسْعُ نِسْوَةٍ، فَكَانَ إِذَا قَسَمَ بَيْنَهُنَّ لا
يَنْتهِي إِلَى الْمَرْأَةِ الْأُلَى إِلَّا فِي تِسْعٍ
Dari Anas (bin Malik) radliyallaahu ‘anhu ia berkata :
Adalah Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam memiliki sembilan orang istri.
Apabila beliau membagi (giliran) di antara mereka, beliau tidak datang kembali
kepada istrinya yang pertama kecuali setelah melewati sembilan (hari)” [HR. Muslim no. 1462].
Poligami beliau shallallaahu
‘alaihi wasallam terhadap sembilan istri beliau merupakan kekhususan bagi
diri beliau. Al-Hafidh Ibnu Katsir berkata :
قال الشافعي: وقد دلت سنة رسول الله صلى الله عليه
وسلم المبينة عن الله أنه لا يجوز لأحد غير رسول الله صلى الله عليه وسلم أن يجمع
بين أكثر من أربع نسوة, وهذا الذي قاله الشافعي رحمه الله مجمع عليه بين العلماء
إلا ما حكي عن طائفة من الشيعة, أنه يجوز الجمع بين أكثر من أربع إلى تسع....
”Asy-Syafi’i
berkata : ’Sunnah Rasulullah shallallaahu
’alaihi wasallam yang memberikan penjelasan dari Allah ta’ala bahwasannya tidak diperbolehkan bagi seorang pun selain
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam
untuk menghimpun lebih dari empat orang wanita’. Inilah yang dikatakan
Asy-Syafi’I rahimahullah yang telah
disepakati oleh para ulama kecuali apa yang dihikayatkan dari kelompok Syi’ah
dimana mereka membolehkan untuk menghimpun lebih dari empat orang wanita…..”.[4]
Penjelasan di atas selaras dengan hadits di bawah :
عَنْ ابْنِ عُمَرَ : أَنَّ غَيْلانَ ابْنِ سَلَمَةَ
الثَّقَفِيَّ أَسْلَمَ وَلَهُ عَشْرُ نِسْوَتٍٍ فِي الْجَاهِلِيَّةِ، فَأَسْلَمْنَ
مَعَهُ، فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم أَنْ يَتَخَيَّرَ أَرْبَعاً
مِنْهُنَّ
Dari Ibnu
’Umar radliyallaahu ’anhuma : ”Bahwasannya Ghailan bin
Salamah Ats-Tsaqafiy masuk Islam sedangkan ia mempunyai sembilan istri yang
juga masuk Islam bersamanya. Maka Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam
memerintahkannya untuk memilih empat orang diantaranya (dan menceraikan
sisanya)” [HR. At-Tirmidzi no.
1128; Ibnu Majah no. 1953; Ahmad 2/13,14,83; Al-Hakim dalam Al-Mustadrak 2/192; dan yang lainnya. Dishahihkan
oleh Al-Albani dalam Shahih Sunan
At-Tirmidzi 1/574].
POLIGAMI DALAM ATSAR SHAHABAT
عن سعيد بن جبير قال قال لي بن عباس هل تزوجت قلت لا
قال فتزوج فإن خير هذه الأمة أكثرها نساء
Dari Said bin Jubair radliyallaahu ‘anhu ia
berkata : Telah berkata kepadaku Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma : “Apakah
engkau telah menikah ?”. Aku (Sa’id) menjawab : “Belum”. Maka Ibnu ‘Abbas
berkata : “Menikahlah, karena sebaik-baik umat ini adalah yang paling banyak
istrinya” [HR. Al-Bukhari
no. 5069].
yaitu
maksimal 4 (empat) orang yang diperlakukan secara ‘adil dan didik dengan
‘aqidah, syari’at, dan akhlaq yang Islami.
APA MAKNA ‘ADIL DALAM QS. AN-NISAA’ : 3
Allah ta’ala berfirman :
وَإِنْ خِفْتُمْ
أَلاّ تُقْسِطُواْ فِي الْيَتَامَىَ فَانكِحُواْ مَا طَابَ لَكُمْ مّنَ النّسَآءِ
مَثْنَىَ وَثُلاَثَ وَرُبَاعَ فَإِنْ خِفْتُمْ أَلاّ تَعْدِلُواْ فَوَاحِدَةً أَوْ
مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُكُمْ ذَلِكَ أَدْنَىَ أَلاّ تَعُولُواْ
”Dan jika kamu takut tidak akan berlaku adil terhadap
(hak-hak) perempuan yatim (bilamana kamu menikahinya), maka nikahilah
wanita-wanita lain yang kamu senangi dua, tiga, atau empat. Kemudian jika kamu
takut tidak dapat berlaku adil, maka (nikahilah) seorang saja atau budak-budak
yang kamu miliki. Yang demikian itu lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya” [QS. An-Nisaa’ : 3].
Yang dimaksud dengan kata adil/‘adl (عدل) dalam
ayat di atas adalah keadilan dalam hak-hak istri yang sifatnya kongkrit;
seperti : rumah, makanan, pakaian, bermalam, dan yang lainnya (lihat Tafsir
Adlwaaul-Bayan 3/378, ‘Umdatut-Tafsir
oleh Syaikh Ahmad Syakir 3/102, dan Tafsir Al-Qurthubi 5/407).
Perlu ditegaskan bahwasannya makna ‘adil di atas tidak
menunjukkan jumlah pembagian yang sama persis. Misalnya, bila si suami
memberikan nafkah bulanan sebesar satu juta rupiah pada istri pertama, maka ia
wajib memberikan nafkah dalam jumlah serupa pada istri kedua. Hal itu disebabkan, sifat
adil ini terkait dengan situasi, kondisi, dan kebutuhan. Jikalau istri pertama
mempunyai dua orang anak dan istri kedua belum mempunyai anak, maka nafkah
keduanya pun tidak wajib sama. Dalam keadaan seperti ini, si suami boleh
melebihkan nafkahnya pada istri pertama dengan segala kondisi yang melekat
padanya. Begitu pula qiyas dalam kasus-kasus yang lain.
APA MAKNA ‘ADIL DALAM QS. AN-NISAA’ : 129
Allah ta’ala berfirman :
وَلَن
تَسْتَطِيعُوَاْ أَن تَعْدِلُواْ بَيْنَ النّسَآءِ وَلَوْ حَرَصْتُمْ
“Dan
kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku ‘adil diantara istri-istrimu,
walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian” [QS. An-Nisaa’ : 129].
Ayat ini seringkali dijadikan dalil oleh sebagian kaum
penentang syari’at poligami untuk menyatakan bahwa manusia selamanya tidak akan
pernah dapat berbuat adil terhadap istri-istri mereka jika ia berpoligami. Kata
sebagian mereka, kebolehan poligami dalam QS. An-Nisaa’ : 3 itu di-mansukh (dihapus) atau diterangkan dalam
ayat 129. Intinya, kata mereka, walau Allah memperbolehkan poligami jika dapat
berlaku ‘adil, namun syarat tersebut tidak akan dapat terpenuhi oleh para suami
yang akan berpoligami. Kebolehan itu hanya bersifat pengandaian saja.
Ini salah !
Keadilan yang dimaksud dalam QS. An-Nisaa’ : 129 tidak
sama dengan QS. An-Nisaa’ : 3. Keadilan yang dinafikkan dalam ayat 129 adalah
adil dalam masalah hati. Al-Imam Syafi’i mengatakan :
وقال تبارك وتعالى
وَلَنْ تَسْتَطِيعُوا أَنْ تَعْدِلُوا بَيْنَ النِّسَاءِ وَلَوْ حَرَصْتُمْ فَلا
تَمِيلُوا الآية فقال بعض أهل العلم بالتفسير لن تستطيعوا أن تعدلوا بين النساء
بما في القلوب فإن الله عز وجل وعلا تجاوز للعباد عما في القلوب فلا تميلوا تتبعوا
أهواءكم كل الميل بالفعل مع الهوى وهذا يشبه ما قال والله أعلم
”Allah tabaaraka wa
ta’ala telah berfirman : “Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku
‘adil diantara istri-istrimu, walaupun kamu sangat ingin berbuat demikian, karena
itu janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai)” (QS. An-Nisaa’ : 129). Sebagian ahli ilmu berkata tentang
tafsir : “kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku ‘adil diantara
istri-istrimu”; yaitu dalam persoalan (membagi cinta) yang ada
dalam hati. Sesungguhnya Allah ’azza wa
jalla memaafkan bagi para hamba akan isi hatinya itu . “Tetapi
janganlah kamu terlalu cenderung (kepada yang kamu cintai)”; dengan
mengikuti hawa nafsumu. ”(dengan) setiap
kecenderungan – kullal-maili” yaitu dengan perbuatan berlandaskan hawa
nafsu. Penafsiran inilah yang lebih tepat dengan apa yang difirmankan Allah. Wallaahu a’lam”.[5]
Al-Hafidh Ibnu Hajar Al-’Asqalani berkata :
قوله باب العدل بين
النساء ولن تستطيعوا أن تعدلوا بين النساء أشار بذكر الآية إلى أن المنتهى فيها
العدل بينهن من كل جهة وبالحديث إلى ان المراد بالعدل التسوية بينهن بما يليق بكل
منهن فإذا وفي لكل واحدة منهن كسوتها ونفقتها والايواء إليها لم يضره ما زاد على ذلك
من ميل قلب أو تبرع بتحفة..... قال الترمذي يعني به الحب والمودة كذلك فسره أهل
العلم..... وقد أخرج البيهقي من طريق علي بن أبي طلحة عن بن عباس في قوله ولن
تستطيعوا الآية قال في الحب والجماع وعن عبيدة بن عمرو السلماني مثله
”Perkataan Al-Bukhari : Bab Berbuat Adil Diantara Para
Istri; Firman Allah : ”Dan kamu
sekali-kali tidak akan dapat berlaku ‘adil diantara istri-istrimu” ; Al-Bukhari
mengisyaratkan dengan menyebutkan ayat tersebut bahwasannya tidak mungkin
berbuat ‘adil terhadap mereka semua dalam segala sisi, serta beliau
shallallaahu ‘alaihi wasallam mengisyaratkan dalam hadits di bawahnya bahwa
yang dimaksudkan dengan keadilan adalah mempersamakan mereka dalam hal yang
layak bagi masing-masing. Apabila suami telah memenuhi kebutuhan pakaian,
nafkah, dan jadwal bermalam; maka lebih dari itu tidak mengapa dia lakukan
seperti kecenderungan hati, hadiah……..”. At-Tirmidzi mengatakan : “Yang
dimaksud dengannya (kecenderungan) ialah cinta dan kasih sayang. Demikian yang
ditafsirkan oleh para ulama’…”. Al-Baihaqi telah meriwayatkan sebuah hadits
melalui jalan ‘Ali bin Abi Thalhah dari Ibnu ‘Abbas radliyallaahu ‘anhuma
tentang firman Allah : “Dan kamu sekali-kali tidak akan dapat berlaku ‘adil
diantara istri-istrimu” ; Ibnu
‘Abbas menafsirkan : “Dalam urusan cinta dan jima’”. Juga diriwayatkan yang
semisalnya dari ‘Ubaidah bin ‘Amr As-Salmani”.[6]
Al-‘Aini menukil ucapan Ibnul-Mundzir :
دلت هذه الآية على أن التسوية بينهن في المحبة غير
واجبة وقد أخبر رسول الله صلى الله عليه وسلم أن عائشة أحب إليه من غيرها من
أزواجه فلا تميلوا كل الميل بأهوائكم حتى يحملكم ذلك على أن تجوروا في القسم على
التي لا تحبون
“Ayat ini menunjukkan bahwa membagi rata antara mereka
dalam urusan cinta tidaklah wajib hukumnya, dimana Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam telah mengkhabarkan bahwa ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa lebih
beliau cintai dibandingkan istri-istri beliau yang lain. Tapi janganlah engkau
keterlaluan dalam mengikuti hawa nafsumu sehingga membuatmu berlaku lalim dalam
pembagian terhadap istri yang tidak kamu sukai”.[7]
Itulah perkataan yang haq. Adapun hadits yang dimaksud
oleh Ibnu Mundzir adalah :
عَنْ عَمرو ابْنِ الْعَاصِ : أَنَّ رَسُولَ اللهِ صلى
الله عليه وسلم بَعَثَهُ فِي جَيْشِ ذَاتِ الْسَلَاسِلِ، فَأَتَيْتُهُ فَقُلْتُ :
أَيُّ النّاسِ أَحَبَّ إِلَيْكَ ؟ قَالَ : ((عَائِشَةُ))،
Dari Abi
‘Utsman ia berkata : Telah mengkhabarkan kepadaku ‘Amr bin Al-‘Ash
radliyallaahu ‘anhu : “Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam
mengutusnya memimpin pasukan Dzultsalatsil. Maka aku (‘Amr) mendekati beliau
dan berkata : “Siapakah orang yang paling engkau cintai ?”. Maka beliau
shallallaahu ‘alaihi wasallam menjawab : “’Aisyah……..” [HR. Al-Bukhari no.
3662,4358 dan Muslim no. 2384].
Perasaan cinta memang di luar kendali manusia. Secara
fithrah, manusia diciptakan untuk mencintai sesuatu dengan kadar yang
berbeda-beda. Bahkan terhadap anak-anak yang kita miliki. Kita sangat sulit
untuk menyamakan persis porsi cinta kita (misal) masing-masing 25%, jika kita
mempunyai empat orang anak. Mungkin diantara anak kita ada yang lebih faqih
dalam agama sehingga lebih dicintai daripada yang lain. Atau sebaliknya, ada
salah seorang anak kita yang agak sedikit badung sehingga rasa cinta kita tidak
sebesar anak-anak kita yang lain. Kisah Yusuf ‘alaihis-salaam dalam Al-Qur’an
dapat menjadi contoh yang sangat tepat bagi kita dimana beliau lebih dicintai
(karena keutamaannya) oleh ayahnya daripada saudara-saudaranya yang lain.
Itulah cinta.
Dan itulah adil yang dinafikkan dalam QS. An-Nisaa’ :
129. Ketidakadilan dalam cinta terhadap istri-istri yang dipoligami (dalam arti
: cinta kepada salah seorang istri yang mungkin melebihi cinta kepada istri
yang lain) adalah dimaafkan. Akan tetapi, tidak boleh dengan sebab ini kita
menjadi terlalu cenderung kepada istri yang kita cintai tersebut sehingga
mengabaikan hak-hak dan mendhalimi istri yang lain.
RASULULLAH SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAM
MELARANG ‘ALI MEMADU FATHIMAH ?
Adalagi hujjah dari para penentang poligami dengan
membawakan riwayat bahwa Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam melarang ‘Ali bin Abi Thalib radliyallaahu ‘anhu memadu
Fathimah radliyallaahu ‘anha, sebagaimana terdapat dalam Ash-Shahihain.
Hal ini dapat dijawab : Dalam riwayat yang lain telah
dijelaskan sebab pelarangan tersebut dengan lafadh sebagai berikut :
وَإِنِّي لَسْتُ
أُحَرِّمُ حَلَالاًَ وَلَا أُحِلُّ حَرَاماًَ، وَلَكِنْ، وَاللهِ لا تَجْتَمِعُ
بِنْتُ رَسُولِ اللهِ وَبِنْتُ عَدُوِّ اللهِ مَكَاناًَ وَاحِداًَ أَبَداًَ
“….Dan sesungguhnya aku tidaklah mengharamkan yang halal dan
menghalalkan yang haram. Akan tetapi –demi Allah – tidak akan berkumpul
putri Rasulullah dengan putri musuh Allah selamanya” [HR. Al-Bukhari no. 3110 dan
Muslim no. 2449].
Ini menunjukkan bahwa poligami itu adalah halal, yaitu
boleh bagi ‘Ali untuk menikahi anak perempuan Abu Jahal secara asal (karena
beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam tidak hendak mengharamkan yang
halal). Beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam telah menjelaskan sebab
pelarangan tersebut adalah bahwa beliau tidak menginginkan berkumpulnya putri
beliau dengan putri Abu Jahal. Ulama lain ada yang menjelaskan bahwa
pelarangan tersebut adalah karena poligami yang dilakukan 'Ali dengan
puteri Abu Jahal, musuh Allah dan Rasul-Nya, akan menyakiti hati Fathimah,
dimana 'Ali telah berjanji sebelumnya tidak akan menyakiti hati
Fathimah. Alasan ini akan dijelaskan pada bahasan selanjutnya di
bawah, insyaAllah.
SYARAT DARI ISTRI KETIKA HENDAK DINIKAHI UNTUK
TIDAK DIPOLIGAMI ADALAH DIPERBOLEHKAN
Sebagai amanah ilmiah, maka pembahasan ini juga perlu
dimunculkan.
Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang menikah dengan seorang wanita lalu disyaratkan kepadanya ketika menikah untuk tidak memindahkannya dari rumahnya dan tidak menduakannya (dipoligami) ? Maka beliau menjawab :
Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah pernah ditanya tentang seorang laki-laki yang menikah dengan seorang wanita lalu disyaratkan kepadanya ketika menikah untuk tidak memindahkannya dari rumahnya dan tidak menduakannya (dipoligami) ? Maka beliau menjawab :
الحمد للّه، نعم
تصح هذه الشروط وما في معناها في مذهب الإمام أحمد، وغيره من الصحابة والتابعين
وتابعيهم: كعمر بن الخطاب، وعمرو بن العاص ـ رضي اللّه عنهما ـ وشريح القاضي،
والأوزاعي، وإسحاق؛...... لما أخرجاه في الصحيحين عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه
قال: (إن أحق الشروط أن توفوا به ما استحللتم به الفروج). وقال عمر بن
الخطاب: مقاطع الحقوق عند الشروط /فجعل النبي صلى الله عليه وسلم ما يستحل به
الفروج من الشروط أحق بالوفاء من غيره، وهذا نص في مثل هذه الشروط؛ إذ ليس هناك
شرط يوفي به بالإجماع غير الصداق والكلام، فتعين أن تكون هي هذه الشروط.
“Alhamdulillah, ya syarat ini sah. Semakna dengan ini
terdapat dalam madzhab Al-Imam Ahmad dan selainnya dari kalangan shahabat,
tabi’in, dan tabi’ut-tabi’in; seperti ‘Umar bin Khaththab, ‘Amr bin Al-‘Ash –
radliyallaahu ‘anhuma -, Syuraih Al-Qaadli, Al-Auza’i, Ishaq……… berdasarkan
riwayat Shahihain dari Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam yang bersabda
(artinya) : “Sesungguhnya syarat yang paling berhak untuk ditunaikan adalah syarat
yang dengannya kalian menghalalkan kemaluan…”. Dan ‘Umar bin
Al-Khaththab mengatakan : “Tuntutan hak terdapat pada syaratnya”.
Nabi menetapkan bahwa syarat yang dengannya dihalalkan kemaluan paling berhak
untuk ditunaikan dibandingkan dengan (syarat) lainnya.
Ini nash yang tegas tentang syarat yang semisal ini, serta tidak ada syarat – yang para ulama sepakat atasnya – yang harus ditunaikan kecuali mahar, sedangkan pembicaraan (seputar permasalahan ini sudah dikenal) sehingga tentulah bahwa inilah yang dimaksud dengan syarat itu….”.[8]
Ini nash yang tegas tentang syarat yang semisal ini, serta tidak ada syarat – yang para ulama sepakat atasnya – yang harus ditunaikan kecuali mahar, sedangkan pembicaraan (seputar permasalahan ini sudah dikenal) sehingga tentulah bahwa inilah yang dimaksud dengan syarat itu….”.[8]
Keabsahan syarat bagi seorang wanita untuk tidak
dipoligami sebelum menikah juga berdasarkan hadits yang menceritakan rencana
pernikahan ‘Ali dengan puteri Abu Jahal. Dalam satu lafadh disebutkan :
أَمَّا بَعْدُ،
أَنْكَحْتُ أَبَا الْعَاص بنِ الرَّبِيْعِ فَحَدَّثَنِي وَصَدَقَنِي، وَإِنَّ
فَاطِمَةَ بَضْعَةٌ مِنِّي، وَإِنِّي أَكْرَهُ أَنِ يَسُوءَهَا، وَاللهِ لا
تَجْتَمِعُ بِنْتُ رَسُولِ اللهِ وَبِنْتُ عَدُوِّ اللهِ عِنْدَ رَجُلٍِ وَاحِدٍ
“Amma ba’du, aku telah
menikahkan Abul-‘Ash bin Ar-Rabii’ [9],
dia berbicara di hadapanku dan menepati janjinya kepadaku. Sesungguhnya
Fathimah merupakan bagian dariku, dan aku benci/khawatir jika hal itu berakibat
buruk baginya. Demi Allah, tidak akan berkumpul putri Rasulullah dengan putri
musuh Allah pada diri seorang laki-laki (suami)” [HR. Al-Bukhari no. 3729 dan Muslim no. 2449].
Hadits di
atas menunjukkan bahwa Rasulullah shallallaahu
‘alaihi wasallam menekankan pemenuhan
janji yang harus ditunaikan oleh ‘Ali agar tidak menggelisahkan/menyusahkan
Fathimah radliyallaahu ‘anhuma. Dan hal
yang menggelisahkan/menyusahkan Fathimah pada saat itu adalah pernikahan ‘Ali
dengan Abu Jahal, musuh Allah dan Rasul-Nya. Dan hal itu pulalah yang
menyusahkan diri Rasulullah shallallaahu ‘alaihi
wasallam. Yang menunjukkan keabsahan
persyaratan tersebut adalah pujian beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam
terhadap menantunya yang lain (yaitu Abul-‘Ash bin Ar-Rabii’) yang memenuhi
janji kepada beliau yang dengan itu beliau menuntut agar ‘Ali berbuat
sebagaimana Abul-‘Ash.
Ibnul-Qayyim
berkata :
وَفِي ذِكْرِهِ
صَلّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلّمَ صِهْرَهُ الْآخَرَ وَثَنَاءَهُ عَلَيْهِ بِأَنّهُ
حَدّثَهُ فَصَدّقَهُ وَوَعَدَهُ فَوَفّى لَهُ تَعْرِيضٌ بِعَلِيّ رَضِيَ اللّهُ
عَنْهُ وَتَهْيِيجٌ لَهُ عَلَى الِاقْتِدَاءِ بِهِ وَهَذَا يُشْعِرُ بِأَنّهُ
جَرَى مِنْهُ وَعْدٌ لَهُ بِأَنّهُ لَا يَرِيبُهَا وَلَا يُؤْذِيهَا فَهَيّجَهُ
عَلَى الْوَفَاءِ لَهُ كَمَا وَفَى لَهُ صِهْرُهُ الْآخَرُ .
فَيُؤْخَذُ مِنْ
هَذَا أَنّ الْمَشْرُوطَ عُرْفًا كَالْمَشْرُوطِ لَفْظًا وَأَنّ عَدَمَهُ يُمَلّكُ
الْفَسْخَ لِمُشْتَرِطِهِ ....... وَعَلَى هَذَا فَلَوْ فُرِضَ أَنّ الْمَرْأَةَ
مِنْ بَيْتٍ لَا يَتَزَوّجُ الرّجُلُ عَلَى نِسَائِهِمْ ضَرّةً وَلَا
يُمَكّنُونَهُ مِنْ ذَلِكَ وَعَادَتُهُمْ مُسْتَمِرّةٌ بِذَلِكَ كَانَ
كَالْمَشْرُوطِ لَفْظًا . وَكَذَلِكَ لَوْ كَانَتْ مِمّنْ يَعْلَمُ أَنّهَا لَا
تُمَكّنُ إدْخَالَ الضّرّةِ عَلَيْهَا عَادَةً لِشَرَفِهَا وَحَسَبِهَا
وَجَلَالَتِهَا كَانَ تَرْكُ التّزَوّجِ عَلَيْهَا كَالْمَشْرُوطِ لَفْظًا سَوَاءٌ
“Juga ketika
Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam menyebut menantunya yang lain dan beliau shallallaahu ‘alaihi wasallam
memujinya bahwa dia berbicara di hadapan Nabi shallallaahu
‘alaihi wasallam dan dia
menepati janji, serta dia menjanjikan Nabi dan dia pun menunaikannya. Di sini
ada singgungan untuk ‘Ali bin Abi Thalib radliyallaahu
‘anhu dan dorongan baginya untuk
meneladaninya, sehingga mengisyaratkan bila ‘Ali radliyallaahu
‘anhu telah menjanjikan Nabi shallallaahu
‘alaihi wasallam untuk tidak
menggelisahkan dan tidak menyakiti Fathimah, maka beliau mendorongnya untuk
menunaikan janji sebagaimana yang dilakukan menantu beliau yang lainnya.
Maka diambil
faedah di sini bahwa apa yang disyaratkan secara adat, disyaratkan pula secara
lafadh; sedangkan kalau dia tidak menunaikannya, maka pemilik syarat berhak
untuk membubarkan ikatan....... Atas dasar ini, apabila wanita itu dari
keluarga yang tidak mau anaknya dijadikan madu dan adat mereka ini berlanjut
terus, maka kedudukannya sama dengan syarat yang diucapkan. Demikian juga kalau
dia berasal dari keluarga yang tidak mau anaknya dipoligami sebab kemuliaan dan
kebangsawanannya, maka ketidakbolehan memadunya (mempoligaminya) seperti syarat
yang dilafadhkan”.[10]
KESIMPULAN
Poligami adalah boleh dan sesuai dengan syari’at Islam.
Dilakukan oleh Nabi shallallaahu ‘alaihi wasallam, para shahabat, para
ulama setelahnya, dan juga kaum muslimin sampai sekarang. Dan mereka telah
ijma’ tentang kebolehannya. Para suami yang berpoligami haruslah adil dalam
pembagian nafkah, bermalam, dan kebutuhan kongkrit lainnya. Dan ancaman yang
berat dari Allah ta’ala jika ia melalaikan kewajibannya dengan mengabaikan hak-hak
istri yang dipoligami.
Seorang istri boleh mensyaratkan untuk tidak dipoligami
ketika akan dinikahi oleh seorang laki-laki. Ini sah sebagaimana telah
diuraikan sebelumnya. Namun, kebolehan ini tidak menunjukkan
dibencinya/kemakruhan syari’at poligami dalam Islam.
Allaahu a’lam.
Abu Al-Jauzaa’ 1427/1429.
[1] Al-Imam
Al-Bukhari meriwayatkan satu hadits sebagai berikut :
عَنْ عَائِشَةَ
رَضِيَ اللهُ عَنْهَا أَنَّهَا سَأَلَهَا عُرْوَةُ عَنْ قَوْلِ اللهِ تَعَالَى :
((وَإِنْ خِفْتُمْ أَنْ لا تُقْسِقُوا فِي الْيَتَامَى)). فَقَالَتْ : يَا ابْنَ
أُخْتِي، هَذِهِ الْيَتِيمَةُ تَكُونُ فِي الْحَجْرِ وَلِيِّهَا، تَشْرَكُهُ فِي
مَالِهِ، وَيُعْجِبُهُ مَالُهَا وَجَمَالُهَا، فَيُرِيدُ وَلِيُّهَا أَنْ
يَتَزَوَّجَهَا بِغَيرِ أَنْ يُقْسِطَ فِي صَدَاقِهَا، فَيُعْطِيَهَا مِثْلَ مَا
يُعْطِيهَا غَيْرُهُ، فَنُهُوا عَنْ أَنْ يَنْكِحُوهُنَّ إِلَّا أَنْ يُقْسِطُوا
لَهُنَّ وَيَبْلُغُوا لَهُنَّ أَعلَى سُنَّتِهِنَّ فِي الصَّدَاقِ، فَأُمِرُوا
أَنْ يَنْكِحُوا مَا طَابَ لَهُمْ مِنَ النِّسَاء سِوَاهُنَّ. قَالَتْ عَائِشَةُ :
وَإِنَّ النَّاسَ اسْتَفْتَوا رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ
بَعْدَ هَذِهِ الْأٓيَةِ، فَأَنْزَلَ اللهُ : ((وَيَستَفْتُونَكَ فِي
النِّسَاءِ)). قَالَتْ عَائِشَةُ : وَقَولُ اللهُ تَعَالَى : ((وَتَرغَبُوْنَ أَنْ
تَنْكِحُوهُنَّ)). رَغْبَةَ أَحَدِكُمْ عَنْ يَتِيمَتِهِ، حِيْنَ تَكُونُ
قَلِيْلَةَ الْمَالِ وَالْجَمَالِ، قَالَتْ : فَنُهُوا - أَنْ يَنْكِحُوا -
عَمَّنْ رَغِبُوا فِي مَالِهِ وَجَمَالِهِ مِنْ يَتَامَى النِّسَاءِ إِلَّا
بِالْقِسطِ، مِنْ أَجْلِ رَغْبَتِهِمْ عَنْهُنَّ إِذَا كُنَّ قَلِيلَاتِ الْمَالِ
وَالْجَمَالِ
Dari ‘Aisyah radliyallaahu ‘anhaa bahwa dia
pernah ditanya ‘Urwah mengenai firman Allah ta’ala : “Dan jika kamu takut tidak
akan berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yatim”. Kemudian ‘Aisyah berkata : “Wahai anak
saudara perempuanku, anak perempuan yatim yang dimaksud dalam ayat tersebut
berada dalam asuhan walinya yang mengurus hartanya, kemudian wali tersebut
terpikat oleh harta dan kecantikan anak yatim itu sehingga dia ingin
mengawininya tanpa berlaku adil dalam memberikan mahar, yaitu hanya memberinya
mahar sebanding dengan apa yang diberikan kepadanya oleh laki-laki lain. Maka,
mereka (wali tersebut) dilarang untuk mengawininya kecuali jika mereka dapat
berbuat adil terhadap mereka dan memberinya mahar lebih tinggi dari apa yang
diberikan laki-laki lain pada umumnya. Mereka diperintahkan untuk mengawini
perempuan-perempuan lain yang baik bagi mereka (jika mereka khawatir tidak
dapat berlaku adil terhadap anak-anak yatim yang ada dalam perwalian mereka)”. ‘Aisyah
kemudian melanjutkan : “(Atas peristiwa ini), manusia meminta fatwa kepada
Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam setelah ayat ini. Maka
Allah pun menurunkan ayat : “Mereka meminta fatwa kepadamu mengenai para
wanita…” (QS. An-Nisaa’ : 127). Adapun lanjutan ayat : ”....sedangkan
kamu ingin mengawini mereka...” (QS. An-Nisaa’ : 127) adalah karena
kebiasaan wali yang tidak suka mengawini perempuan yatim yang ada dalam perwaliannya
jika hartanya sedikit dan tidak seberapa cantik. Mereka yang mengurus
perempuan-perempuan yatim yang menginginkan harta dan kecantikannya dilarang
untuk mengawininya kecuali jika mereka dapat berbuat adil, karena jika
perempuan-perempuan yatim itu berharta sedikit dan tidak cantik tentu wali-wali
mereka tidak ingin menikahi mereka” [HR. Al-Bukhari no. 2494, 4574, 5064,
5092].
[2] Lihat Adlwaaul-Bayaan oleh
Asy-Syinqithi 1/267 atau 1/358, Daarul-’Ilmil-Fawaaid, Cet. 1/1426.
[3] Al-Jaami’
li-Ahkaamil-Qur’an 5/13 atau hal. 77 untuk versi Free Program dari Islamspirit.
[4] Tafsir Al-Qur’anil-‘Adhiim
3/340, Muassasah Qurthubah, Cet. 1/1421.
[5] Al-Umm oleh Al-Imam
Asy-Syafi’i, Kitab : An-Nafaqah
lil-Aqrab, Qismu lin-Nisaa’ (Freeprogram
dari Islamspirit).
[6] Fathul-Baari 9/224 oleh
Ibnu Hajar, tahqiq ‘Abdul-Qadir Syaibah Al-Hamd, Cet. 1/1421.
[7] ‘Umdatul-Qaari 20/199
atau 20/282-283, Daarul-Kutub Al-‘Ilmiyyah Cet. 1/1421.
[8] Majmu’ Al-Fataawaa oleh
Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah 32/164-65.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar